Apakah Ada Terapi atau Pengobatan Untuk Buta Warna ?

Pertanyaan tentang apakah ada terapi atau pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati buta warna banyak dilontarkan oleh pembaca situs yang membahas tentang buta warna baik di dalam maupun luar negeri. Masyarakat awam menganggap bahwa buta warna merupakan suatu penyakit, sehingga mereka berusaha melakukan terapi atau pengobatan tertentu untuk menyembuhkannya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut diatas, saya coba untuk mencari beberapa referensi mengenai terapi atau pengobatan buta warna dari beberapa situs valid di dalam dan luar negeri. Berikut adalah beberapa kutipan singkatnya  :

 

  1. alodokter.com

“Sehingga hingga saat ini tidak ada obat atau terapi untuk menyembuhkan buta warna baik parsial maupun total “

 

  1. tanyadok.com

“Tetapi saat ini belum ada terapi penyembuhan yang disetujui untuk pasien buta warna. Hal lain yang mungkin patut dicatat adalah pengembangan lensa untuk orang dengan buta warna”

 

  1. colourblindawarenesscom

“There is currently no treatment for inherited colour blindness. Colour filters or contact lenses can be used in some situations…” artinya : Sampai saat ini tidak ada terapi untuk penyembuhan buta warna. Filter warna atau lensa kontak bisa digunakan dalam beberapa situasi ….”

 

  1. netdoctor.co.uk

“Colour blindness isn’t correctable,…” artinya “ Buta Warna adalah hal yang tidak bisa diperbaiki “

 

  1. colour-blindness.com

“Curing color blindness is currently impossible “ yang artinya, “ saat ini, mengobati buta warna adalah tidak mungkin “

 

  1. geteyesmart.org

“There is no treatment for congenital color blindness “ yang artinya “ tidak ada perlakuan yang digunakan untuk menyembuhkan buta warna “

 

  1. bausch.com

“There is no known treatment for color blindness” yang artinya “ tidak ada perlakuan yang diketahui untuk buta warna “

 

Dari beberapa sumber valid diatas, saya melihat bahwa semuanya merujuk pada sebuah kesimpulan bahwa sampai saat ini tidak ada terapi atau pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan buta warna. Alasan yang dikemukaan mayoritas sama, yaitu karena buta warna bukanlah sebuah penyakit, tetapi lebih oada sebuah kelainan yang sifatnya diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Disamping kesimpulan tersebut, ada kesimpulan tambahan yaitu bahwa penggunaan lensa tertentu bisa membantu mengatasi kekurangan yang dihadapi penderita buta warna.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *