Apakah Buta Warna Bisa Dicegah ?

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita menengok apa saja penyebab buta warna di posting sebelumnya. Seperti diketahui, ada beberapa penyebab seseorang mengalami kelainan ini. Mayoritas adalah disebabkan oleh faktor keturunan, disusul karena faktor penyakit termasuk didalamnya adalah faktor obat / pengobatan, faktor usia dan adanya faktor kecelakaan.

Melihat faktor penyebab buta warna tersebut diatas maka kita bisa menyimpulkan bahwa karena buta warna mayoritas disebabkan oleh faktor keturunan, maka sebenarnya buta warna tidak bisa dicegah. Tetapi bukan berarti tidak bisa melakukan pencegahan sama sekali, karena masih ada beberapa persen kelainan ini yang disebabkan oleh penyakit serta pengobatannya dan faktor kecelakaan.

Seperti diketahui, buta warna bisa disebabkan oleh beberapa jenis penyakit seperti Katarak, alzheimer, parkinson, dll. Artinya dengan menghindari faktor pemicu munculnya penyakit-penyakit tersebut, maka kita bisa mencegah  kemungkinan buta warna yang disebabkan oleh penyakit tadi. Demikian pula buta warna yang diakibatkan oleh faktor kecelakaan. Dengan menggunakan peralatan pengaman ketika bekerja, serta meminimalisir resiko terjadinya kecelakaan pada diri kita, itu sama artinya dengan telah mencegah kemungkinan menderita buta warna.

Tetapi jika ada pendapat yang mengatakan bahwa buta warna bisa dicegah, seperti kita mencegah penyakit mata lainnya, tentu itu tidak benar. Karena sejatinya buta warna itu bukanlah penyakit, tetapi lebih merupakan suatu kelainan pada mata.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *