Apakah Kaca Mata Buta Warna Bisa Menyembuhkan Buta Warna ?

Kaca Mata Buta Warna adalah salah satu alat bantu yang kini banyak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan mata kepada para penderita buta warna.

Seperti diketahui bahwa buta warna adalah sebuah kelainan pada mata yang sampai saat ini tidak ditemukan cara untuk mengobati atau menyembuhkannya.

Karena tidak bisa disembuhkan, maka para ahli kesehatan mata berkonsentrasi untuk menemukan dan mengembangkan alat bantu yang bisa digunakan untuk meminimalisir efek dari buta warna itu sendiri.

Salah satu alat bantu yang kini banyak direkomendasikan adalah penggunaan kaca mata buta warna.

Baca : kaca mata khusus penderita buta warna bernama EnChroma

Apakah kaca mata buta warna benar berfungsi ?

Kaca mata khusus ini di desain untuk meningkatkan kecerahan warna pada penderita buta warna. Sehingga dengan menggunakannya, maka para penderita bisa melihat warna dengan lebih lengkap dan jelas dibanding sebelumnya

Bahkan pada banyak pasien, mereka mampu melihat spektrum warna yang nyaris sama dengan yang dilihat oleh orang dengan visi warna normal.

Lalu apakah kaca mata buta warna bisa digunakan untuk menyembuhkan buta warna ?

Sejak awal ditemukannya kaca mata, fungsi utamanya adalah sebagai alat bantu. Yang digunakan untuk melakukan koreksi atas kekurangan pada mata manusia.

Demikian pula dengan kaca mata buta warna ini, ia dikembangkan dan diproduksi secara masal lebih ditujukan sebagai alat bantu bagi penderita buta warna

Dan jika kembali melihat pada kenyataan bahwa buta warna bukanlah suatu penyakit dan tidak bisa disembuhkan, maka kaca mata buta warna juga tidak bisa digunakan sebagai alat untuk menyembuhkannya

Kalau tidak bisa menyembuhkan, lantas untuk apa harus memakai kaca mata ini ?

Seperti diketahui, penderita buta warna akan kesulitan untuk melihat warna maupun gradasinya dengan lengkap dan jelas.

Nah, dengan menggunakan kaca mata ini, maka visi warna pada mata mereka akan meningkat tajam.

Akibatnya warna-warna dan gradasinya yang sebelumnya tidak bisa dilihat dengan jelas, dengan menggunakan kaca mata ini akan menjadi terlihat lebih jelas.

Sehingga kualitas hidup penderita buta warna bisa meningkat.

Sebagai contoh, Jika sebelumnya sulit mengerjakan sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan warna-warna, maka ia menjadi lebih mudah mengerjakannya.

Sama halnya dengan orang yang mengalami mata minus atau plus.

Jika tidak menggunakan kaca mata minus / plus, maka ia akan kesulitan untuk melihat sebuah obyek atau membaca dengan jelas.

Tetapi dengan menggunakan bantuan kaca mata minus / plus, maka kekurangannya akan dikoreksi, sehingga bisa melihat sebuah obyek atau membaca tulisan dengan jelas

Demikianlah penjelasan singkat tentang manfaat Kaca mata buta warna. Walaupun tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan buta warna, tetapi kaca mata ini sangat bermanfaat untuk digunakan.

2 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *