Apakah Kaca Mata Buta Warna Itu Suatu Penipuan ?

Setelah membaca artikel “Kaca mata buta warna” seorang pembaca bertanya kepada saya, “ apakah kaca mata buta warna itu adalah sebuah penipuan ?”. Saya balik bertanya, “apa yang menyebabkan anda bertanya seperti itu ?” lalu dia memberikan sebuah website yang pernah dikunjunginya kepada saya.

Kacata mata buta warna adalah sebuah produk yang diperuntukkan bagi penderita buta warna parsial. Adalah enchroma, sebuah perusahaan dari Amerika yang bekerjasama dengan Valspar yang berhasil mengembangkan teknologi kaca mata tersebut. Anda bisa membacanya lebih jauh tentang produk ini di laman : http://enchroma.com/. Jadi kaca mata buta warna adalah produk nyata yang telah mendapatkan sertifikasi dan dijual luas dipasaran Amerika dan telah menyebar ke banyak Negara diseluruh penjuru dunia.

Apa manfaat menggunakan Kaca mata buta warna ?. Bagi penderitanya, penggunaan kaca mata khusus ini jelas akan banyak membantu. Bagi penderita yang masih dalam taraf sekolah atau kuliah, tentu akan membuat mereka lebih focus dalam menuntut ilmu. Bagi orang yang sudah bekerja, tentu akan meningkatkan kinerjanya, karena mereka bisa melihat warna dengan jelas seperti yang dilihat oleh orang normal, sehingga tidak terjadi miskomunikasi.

Apakah dengan menggunakan kaca mata buta warna bisa lulus test kesehatan untuk melamar pekerjaan ?. Nah ini pertanyaan yang aneh sekaligus membingungkan. Dengan menggunakan kaca mata tersebut, otomatis melihat setiap plate test ishihara ( yang menjadi salah satu bagian test kesehatan ) bukan hal yang sulit. Tetapi saya balik bertanya, apakah dalam test kesehatan, kita boleh menggunakan alat bantu kaca mata ?. Jawabannya tentu tidak !. Lho jadi tidak ada gunanya dong menggunakan kaca mata buta warna tersebut kalau tidak bisa digunakan untuk melamar pekerjaan ?. Nah disinilah paradigma kita dalam memandang masalah dan mencari solusi atas kelainan buta warna harus diluruskan. Penanganan kelainan buta warna tidak hanya sebatas ketika akan mencari kerja. Tetapi lebih daripada itu. Penanganan harus dilakukan secara komprehensif, mulai sejak penderita berusia balita, ketika menuntut ilmu, ketika akan melamar pekerjaan serta ketika ia sudah bekerja. Bayangkan jika anda mempunyai balita yang mengalami kelainan ini dan anda membiarkannya. Bagaimana ia akan kesulitan kelak kala memasuki usia sekolah. Belum lagi ketika ia harus bersosialisasi dengan teman sebaya dan lingkungannya ketika beranjak remaja. Juga bayangkan bagaimana sulitnya ia ketika harus menghadapi test melamar kerja atau kesulitan yang akan dia hadapi saat sudah mendapatkan pekerjaan. Nah pemahaman yang tepat atas penanganan buta warna, bisa membantu mereka dalam banyak hal, serta meningkatkan kualitas hidup mereka setara dengan orang normal. Salah satunya adalah dengan menggunakan kaca mata buta warna tersebut.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *