Apakah Saya Buta Warna ?

Buta warna adalah suatu kondisi yang terjadi ketika Anda tidak dapat melihat warna-warna tertentu. Kondisi ini umumnya diwariskan dari orang tua, meskipun dalam beberapa kasus dapat juga disebabkan dengan bertambahnya usia, cedera mata dan kondisi mata lain seperti katarak atau glaukoma. Dalam beberapa kasus, buta warna tidak terdeteksi selama beberapa tahun. Dan perlu diketahui bahwa hingga saat ini tidak ada metode pengobatan khusus untuk buta warna.

Apakah saya menderita buta warna ?. Anda bisa perhatikan tanda-tanda dibawah ini yang mungkin anda alami jika ternyata anda buta warna :

  1. Tidak mampu membedakan warna hijau dan warna merah
  2. Tidak mampu membedakan warna kuning dan biru
  3. Tidak mampu melihat kecerahan warna normal dalam nuansa tertentu

Dan karena buta warna itu merupakan keadaan yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya,  ada baiknya anda memperhatikan apakah anak anda juga mengalami buta warna. Gejala atau tanda-tanda yang biasa ditunjukkan oleh seorang anak dengan buta warna adalah :

  1. Menggunakan warna yang berbeda ketika menggambar. Misalnya menggambar langit dengan warna kuning. Menggambar tubuh manusia dengan warna hijau, dll
  2. Sering salah menyebutkan warna
  3. Salah menyebutkan warna lampu lalu lintas, atau lampu berwarna lainnya

Dalam kasus yang khusus, ditemukan orang yang mengalami kelainan dengan hilangnya sensor pigmen pada matanya. Sehingga dia hanya bisa melihat dunia ini dalam warna hitam dan abu-abu saja. Keadaan seperti ini disebut dengan buta warna total. Walaupun kasusnya sangat jarang terjadi, tetapi penderita seperti ini beberapa kali ditemukan.

Jika Anda atau anak Anda mengalami salah satu tanda umum dari buta warna tersebut diatas, ada baiknya anda menjalani test buta warna atau yang umum disebut dengan isihara test untuk lebih memastikan kondisi yang anda alami. Dan jika anda ternyata positif mengalami buta warna, maka anda tidak perlu berkecil hati. Toh banyak orang-orang berhasil di dunia ini ternyata juga mengalami buta warna.

Sampai saat ini belum ditemukan pengobatan yang bisa mengatasi atau menyembuhkan buta warna. Tetapi kabar baiknya telah ditemukan sebuah treatment berupa penggunaan Lensa kontak yang disebut Chromagen lens, yang terbukti mampu mengatasi masalah buta warna di lebih dari 97 % penderita buta warna yang tekah mencoba memakainya. Jika anda tertarik untuk mendapatkan informasi mengenai lensa kontak Chromagen lens, silahkan menghubungi kami. Semoga membantu.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *