Apakah Wanita Bisa Mengalami Buta Warna ?

Buta warna adalah suatu kelainan yang disebabkan hilangnya kemampuan sel-sel kerucut yang terdapat di dalam retina mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu akibat faktor genetis.Buta warna adalah suatu kelainan genetik / bawaan yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebaut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Hal inilah yang membedakan antara penderita buta warna pada laki dan wanita. Seorang wanita terdapat istilah “carier” hal ini menujukkan ada satu kromosom X yang membawa sifat buta warna. Wanita dengan pembawa sifat, secara fisik tidak mengalami kelalinan buta warna sebagaimana wanita normal pada umumnya. Tetapi wanita dengan pembawa sifat berpotensi menurunkan faktor buta warna kepada anaknya kelak. Apabila pada kedua kromosom X mengandung faktor buta warna maka seorang wanita tsb menderita buta warna.

Saraf sel di retina terdiri atas sel batang yang peka terhadap hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika syaraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut

Jadi apakah wanita bisa menderita buta warna?

Jawabannya bisa, meskipun rasionya sangat kecil.

Meskipun wanita secara mayoritas terbebas dari buta warna, dikarenakan posisi wanita sebagai “pembawa sifat” dari buta warna itu sendiri. Namun dalam sejumlah kasus, ternyata wanitapun bisa menderita buta warna. Perempuan buta warna akan terjadi jika sekurang-kurangnya ayahnya adalah menderita buta warna dan ibunya adalah carrier buta warna, sehingga kromosom yang dibawa adalah carrier semua. Berbeda dengan pria yang hanya memiliki satu kromosom X, sehingga jika terbawa pasti buta warna.

Ayah (Xc*Y) X Ibu (XcX)

Itu artinya, wanita bisa menderita buta warna jika terjadi dari perkawinan ayah menderita buta warna dan ibu sebagai  “carrier”. Ini akan menghasilkan kombinasi XcXc maka akan memunculkan sifat buta warna pada perempuan. Sebuah sumber juga menyebutkan bahwa persentase pria buta warna adalah 8 % sedangkan kasus buta warna pada wanita hanya 0.5%.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *