Apakah Wortel Bisa Mengobati Buta Warna ?

Mengkonsumsi buah dan sayur tentu saja merupakan kebiasaan yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Sebagaimana kita tahu, bahwa wortel merupakan salah satu umbi-umbian yang kaya akan kandungan gizi, seperti :  Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, Beta-karoten, Thiamine, Riboflavin, Kalsium, Magnesium, Kalium , Sodium dan masih banyak lagi. Keberadaan wortel sendiri sudah sangat lama dikenal sebagai suatu umbi-umbian yang bermanfaat dalam menyehatkan penyakit mata.

Apakah wortel bisa juga digunakan untuk menyembuhkan penderita buta warna?

Jawabannya tidak. Khasiat wortel dan buta warna adalah dua hal yang berbeda. Kandungan wortel yang kaya akan beta-karoten dan vitamin A memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata apalagi khasiatnya dalam mempertajam pengelihatan mata di malam hari. Selain itu vitamin A dan beta caroten juga mempunyai manfaat melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak, suatu penyakit kesehatan mata yang sering terjadi pada orang tua. Sebuah studi telah membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Di sisi lain buta warna adalah suatu kelainan yang bisa diakibatkan oleh sejumlah faktor penyebab, namun kabar buruknya, buta warna bersifat permanen atau dengan kata lain tidak bisa disembuhkan.

Apakah wortel bisa memperbaiki kemampuan mata pada penderita buta warna?

Jawabannya mungkin bisa. Sekarang ini sudah banyak produk-produk kesehatan yang mengaku ampuh untuk menyembuhkan  buta warna. Namun sepanjang sejarah dunia medis, belum terdapat satupun bukti yang menyatakan bahwa wortel bisa menyembuhkan buta warna,  untuk sekedar menyehatkan organ mata mungkin iya.

Jadi cara terbaik apa yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan buta warna?

Jawabannya, menggunakan alat bantu. Dikarenakan buta warna tidak bisa disembuhkan secara total, maka solusi terbaik adalah dengan menggunakan alat bantu penglihatan. Ada macam alat bantu yang bisa di aplikasikan oleh para penderita buta warna.

  1. Kacamata khusus buta warna

Teknologi yang terdapat di dalam kacamata khusus ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan mata dalam mengidentifikasi warna hingga 30 persen dan meningkatkan kemampuan mata dalam membedakan sejumlah warna hingga 70 persen. Sayangnya, kacamata ini masih dijual dengan harga yang relatif mahal

  1. Softlens khusus buta warna

Teknologi lainnya yaitu dalam bentuk softlens, dengan kemampuan yang kurang lebih sama dengan kacamata khusus buta warna. Softlens bisa menjadi alternatif paling ramah bagi kantong kita. Jenis ini sudah terdapat di dalam negeri dan bahan yang digunakan beberapa diantaranya mengambil bahan dasar tumbuh-tumbuhan dalam pembuatannya. Ini adalah solusi yang terbaik untuk mengatasi kelainan buta warna.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *