Benarkah Buta Warna Parsial Bisa Disembuhkan ?

Buta warna parsial adalah sebuah kelainan yang disebabkan oleh ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu. Sehingga penderitanya tidak bisa melihat warna atau gradasinya dengan lengkap sebagaimana orang normal. Kelainan visi warna ini mayoritas disebabkan oleh faktor keturunan, dimana orang tua yang menderita kelainan ini akan menurunkan kepada anaknya. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, benarkah Buta Warna Parsial ini disembuhkan ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut diatas, ada baiknya kita mengetahui penyebab buta warna parsial itu sendiri. Seperti diketahui, ada enam penyebabnya yaitu : Faktor keturunan, Faktor penyakit, Faktor Efek samping pengobatan, Karena Paparan Zat kimia tertentu, Faktor Penuaan atau usia dan Faktor Kecelakaan terutama yang mengenai daerah kepala.

Faktor penyebab buta warna parsial mayoritas atau terbesar adalah karena faktor keturunan. Lazimnya sebuah kelainan yang disebabkan oleh faktor keturunan lainnya, maka belum ada pengobatan atau terapi fisik yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelainan ini. Demikian juga jika disebabkan oleh Faktor penuaan atau bertambahnya usia. Dengan bertambahnya usia, maka beberapa kemampuan fisik manusia akan menurun. Dan jika buta warna parsial disebabkan oleh faktor ini, maka tentu saja tidak bisa disembuhkan.

Lalu bagaimana jika buta warna parsial disebabkan oleh Penyakit tertentu ?. Jika disebabkan oleh penyakit, maka penanganan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menghilangkan penyakit penyebabnya. Misalnya diakibatkan oleh Katarak. Maka operasi Katarak bisa dilakukan untuk menyembuhkannya. Demikian juga jika diakibatkan oleh efek samping pengobatan. Penghentian pemakaian obat yang sedang digunakan, bisa menyembuhkan kelainan ini.

Sedangkan untuk buta warna parsial yang diakibatkan oleh paparan zat tertentu dan faktor kecelakaan, tentu tergantung separah apa efek yang ditimbulkannya. Dokter akan menganalisa dampak yang ditimbulkan, dan mendiagnosa apa yang bisa digunakan untuk menanganinya.

Menyimak penjelasan diatas, bisa dikatakan bahwa umumnya buta warna parsial tidak bisa disembuhkan. Tetapi bukan berarti tidak ada harapan sama sekali. Karena ternyata saat ini telah ditemukan dan bahkan telah dijual alat bantu untuk mengatasi kelainan defisiensi warna ini. Yaitu berupa kaca mata buta warna dan lensa kontak chromagen yang saat ini bisa ditemukan di beberapa penjual online di Indonesia.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *