Buta Warna Pada Anak Bisakah Diobati ?

Seorang anak umumnya bisa mengenali warna dan menyebutkannya secara benar sejak ia berusia tiga tahun. Dimasa itu, anak mulai suka menggambar dan menambahkan warna pada gambarnya. Lalu bagaimana jika anak tidak mampu mengenali warna dengan benar ? adakah kemungkinan ia menderita buta warna ?. Pertanyaan selanjutnya adalah bisakah hal ini diobati ?

Seperti diketahui, buta warna mayoritas disebabkan oleh faktor keturunan, sehingga bisa dideteksi sejak dini. Jika orang tua merasakan ada yang berbeda dari balitanya terutama yang berhubungan dengan warna, ada baiknya segera memeriksakannya ke dokter spesialis mata. Karena penanganan masalah ini sejak dini akan memberi dampak sangat besar bagi tumbuh kembang seorang anak.

Mengenai pertanyaan apakah buta warna pada anak bisa diobati ?. Kembali kepada penyebabnya. Jika disebabkan oleh factor keturunan, maka sayang sekali karena sampai sekarang belum ditemukan cara untuk mengobati atau menyembuhkannya. Untuk itulah penanganan yang tepat perlu diambil oleh orang tua, sehingga anak bisa mengatasi kekurangan yang dialaminya, dan tidak banyak mempengaruhi perkembangannya kelak dikemudian hari.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *