Buta Warna Parsial Dan Masalah Pekerjaan

Kelainan buta warna parsial akan berpengaruh pada kehidupan seseorang dalam berbagai macam situasi yang berbeda. Dimasa anak-anak kondisi ini akan menyebabkan kesulitan dalam belajar dan bersosialsasi.  Apalagi jika si anak berada dalam lingkungan kelas yang tidak “dimodifikasi” untuk mengakomodir kekurangannya. ( baca : bagaimana seorang guru menolong anak dengan buta warna ).

Ketika beranjak remaja, seorang anak dengan buta warna parsial akan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi di sekolah/kampus. Ia juga akan kesulitan dalam menyerap pelajaran / mata kuliah dengan baik. Ketika ia mulai beranjak dewasa, kekurangaan penglihatan warnanya akan berakibat pada kesulitan dalam mengerjakan hal-hal dalam kehidupan sehari-hari seperti mengemudi, memilih baju, memilih perabotan rumah tangga dan lain-lain.

Demikian pula ketika ia akan memilih sebuah pekerjaan atau profesi. Ada beberapa pekerjaan yang tidak cocok untuk mereka yang terlahir dengan buta warna parsial. Bahkan beberapa pekerjaan jelas-jelas melarang mereka untuk mengerjakan pekerjaan itu. Seperti misalnya Pilot, Tentara, Polisi, Pemadam Kebakaran, dan lain-lain.

Sebuah kejadian dengan dampak hebat yang berhubungan dengan buta warna parsial dan sempat didokumentasikan, adalah sebuah kecelakaan kereta api di Swedia pada tahun 1875. Dimana masinis salah membaca sinyal sehingga mengakibatkan kerusakan cukup fatal dan menewaskan sembilan orang. Sejak saat itu diberlakukan test buta warna bagi para pekerja di dunia perkereta apian.

Di Beberapa negara seperti Singapura, Turki dan Rumania, pemerintahnya melarang orang dengan buta warna parsial memiliki SIM dan mengemudikan kendaraan bermotor, karena dikhawatirkan akan mengalami salah tafsir pada lampu lalau lintas dan isyarat lampu lampu kendaraan.

Walaupun banyak mengalami kendala baik dalam sekolah, kehidupan sehari-hari dan saat mencari pekerjaan,  anda yang mengalami kelainan buta warna parsial tidak perlu berkecil hati. Karena ada banyak bidang pekerjaan dan profesi yang bisa anda kerjakan dengan baik. Banyak orang dengan kelainan sama seperti anda telah berhasil dan menjadi orang terkenal diseluruh dunia, salah satunya adalah Mark Zuckerberg sang pendiri facebook. Apalagi saat ini telah tersedia kaca mata buta warna dan contact lens yang disebut Chromagen Lens yang dikembangkan dan dirancang untuk membantu penderita buta warna parsial melihat warna dan gradasinya dengan baik seperti halnya oraang dengan penglihatan normal.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *