Buta Warna Sebuah Kelainan Yang Tidak Bisa Disembuhkan

Pernahkah anda mendengar tentang buta warna?

Buta warna adalah kelainan pada mata yang disebabkan adanya keruskan sel kerucut yang ada pada retina mata.

Kerusakan tersebut membuat kemampuan retina berkurang atau pun hilang dalam menangkap spektrum warna sehingga membuat penderitanya kesulitan dalam membedakan warna. Bahkan dalam kondisi lebih parah, penderita hanya mengenali dua warna, yaitu hitam dan putih.

Buta warna umumnya disebabkan oleh faktor keturunan atau genetis.

Meskipun tidak menutup kemungkinan, hal itu bisa terjadi akibat kecelakaan atau pun karena mata terus menerus terpapar oleh zat kimia tertentu. Buta warna pun dapat di sebabkan karena faktor usia.

Untuk faktor genetik, buta warna tidak bisa disembukan karena hal tersebut merupakan sebuah keturunan yang telah diwariskan orang tuanya sejak dalam kandungan sehingga akan terus melekat sampai dewasa.

Anda mungkin pernah mendengar tentang pengobatan alternatif yang mengklaim dapat menyembuhkan buta warna baik di surat kabar, internet, atau pun media lainnya. Ada pula yang mengatakan bahwa buta warna dapat disembuhkan dengan terapi akupuntur.

Sayangnya, klaim tersebut bertentangan dengan hasil penelitian para para ahli mata yang menyatakan bahwa buta warna itu bukan merupakan suatu penyakit, sehingga tidak bisa diobati atau disembuhkan.

Buta warna adalah sebuah kelainan. Yang mayoritas disebabkan oleh factor genetis, yang berarti tidak ditemukan cara untuk mengobatinya.

Menjadi penderita buta warna berarti akan mengalami beberapa keterbatasan, tetapi bukan lantas membuat anda terus menyesali diri.

Bagaimanapun, anda masih bisa melakukan banyak hal yang tetap menarik dan berguna. Anda juga harus mulai menentukan jalan hidup anda dan mulai menyesuaikannya dengan kondisi yang ada.

Anda masih bisa memilih berbagai bidang yang tidak terlalu berhubungan dalam pemilihan warna-warna yang bisa anda jadikan sebagai hobi atau pun pekerjaan anda nantinya.

Mulailah melirik jurusan tempat belajar anda yang juga bisa anda jalani sesuai keadaan anda.

Apa pun keputusan anda, memilih untuk terus menyembuhkan penyakit tersebut di pengobatan alternatif, memakai alat bantu kaca mata enchroma, atau mulai menerima apa adanya mata anda sejak dari dilahirkan. Yang terpenting anda harus tetap melangkah dan tidak menyerah pada keadaan. Ada banyak orang yang juga terlahir sama seperti anda, mereka pun juga berjuang dan bersaing dengan orang-orang yang memiliki mata normal.

Apalagi jika kini anda mengetahui bahwa telah ditemukan sebuah alat bantu yang bisa digunakan untuk menolong para penderita buta warna.

Ya, alat tersebut berupa kaca mata buta warna dan lensa kontak buta warna, yang telah mendapatkan hal patent di Amerika.

Pada intinya semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Mungkin anda diberikan kekurangan pada mata, namun dilebihkan pada yang lain. Begitu juga sebaliknya dengan orang lain. Bersyukurlah karena memiliki mata yang masih dapat melihat dibandingkan dengan orang lain yang tidak dapat melihat sama sekali. Bersyukur karena anda masih dapat menikmati indah dunia ini, meski hanya dengan warna sederhana.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *