Buta Warna

Definisi buta warna adalah suatu keadaan dimana mata mengalami kekurangan penglihatan atas warna. Jika pada manusia normal, mata bisa melihat semua warna serta gradasinya dengan baik, maka pada penderita buta warna mengalami masalah dengan pigmen pada reseptor warna. Penderitanya akan mengalami kesulitan melihat warna merah, hijau, biru atau campuran warna-warna tersebut.

Lalu apa sih penyebab buta warna itu ? Buta warna kebanyakan disebabkan karena faktor keturunan atau genetis. Orang tua yang menderita buta warna, maka memiliki resiko menurunkannya kepada anaknya. Selain faktor genetis, buta warna juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti Leukimia, Glaukoma, parkinson, Alzheimer, neuritis optik, diabetes dan kecanduan alkohol. Dalam beberapa kasus, ditemukan pula buta warna yang diakibatkan oleh paparan zat kimia tertentu, efek samping dari pengobatan serta faktor bertambahnya usia.

Kita bisa mendeteksi dan mengetahui seseorang mengidap buta warna dengan cara melakukan tes Ishihara atau juga dengan melakukan peraga untuk tes buta warna (colorblind test).

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *