EnChroma, Kaca Mata Untuk Buta Warna Yang Ditemukan Secara Tidak Sengaja

Banyak orang menyebutnya sebagai kaca mata ajaib. Bagaiman tidak ? dengan menggunakan kaca mata EnChroma  ini, penderita buta warna parsial bisa melihat warna dengan jelas bahkan nyaris sama dengan mata orang normal lainnya. Adalah sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi mereka bisa melihat dunia jauh lebih berwarna. Anda bisa melihat bagaimana Reaksi Seorang Buta Warna Melihat Warna pertama kalinya dalam sebuah video.

Adalah Dr Don McPherson seorang profesor dari Union City, California yang sebenarnya secara tidak sengaja menemukan penemuan fenomenal dalam dasawarsa ini. Semula sang profesor ingin merancang sebuah kacamata yang digunakan untuk melindungi dokter mata yang sedang melakukan operasi menggunakan alat bantu laser. Entah bagaimana, tiba-tiba dia mencobakan kaca mata temuannya tersebut pada seorang temannya yang merupakan penderita buta warna parsial. Ajaibnya kaca mata tersebut membuat rekannya bisa melihat warna dengan lebih baik. Iapun lalu mengembangkan kaca mata tersebut dan menambahkan sebuah lensa khusus untuk mempertajam kemampuan pemakainya dalam melihat warna.

Kaca mata khusus penyandang buta warna yang akhirnya diberi nama EnChroma ini dirancang dengan menggunakan sistem teknologi Color Digital Boost. Teknologi ini membuat penderita yang memakainya menjadi mampu melihat warna dan spektrumnya dengan lebih jernih dan terang. Sebagaimana diketahui ada lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia mengalami kelainan ini. Sehingga kehadirannya dianggap sebagai penemuan ajaib dan fenomenal dalam satu dasawarsa ini.

5 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *