Kaca Mata Khusus Untuk Penderita Buta Warna Bernama EnChroma

Melihat dunia dengan segala aneka warna indahnya  tentu suatu hal yang sangat menyenangkan. Orang normal bisa melihat cerahnya warna-warna itu karena pada matanya memiliki reseptor warna yang lengkap. Reseptor warna yang juga disebut sebagai sel kerucut atau cone cells ini mampu menangkap tiga pigmen yaitu Merah, Hijau serta biru.

Sedangkan pada seorang penderita kelainan buta warna, salah satu dari sel kerucut tersebut tidak berfungsi dengan maksimal atau malah tidak berfungsi sama sekali. Hal ini mengakibatkan mereka tidak bisa membedakan warna dan spektrum warna dengan benar sebagaimana orang dengan penglihataan normal. Kerusakan sel kerucut yang umum terjadi adalah pada sel kerucut Hijau merah, sehingga penderita sulit melihat warna merah hijau dengan baik serta tidak bisa membedakan spektrum warna tersebut dengan benar. Kesulitan ini mengakibatkan penderita mengalami beberapa kendala dalam kehidupannya sehari-hari. Mulai dari saat mereka menempuh pendidikan di sekolah, memilih jurusan saat kuliah, melamar pekerjaan hingga mengerjakan pekerjaan sehari-hari.

Beruntungnya saat ini telah ditemukan kaca mata yang bisa membantu penderita buta warna. Dengan menggunakan kaca mata yang disebut sebagai EnChroma ini, penderita bisa melihat warna dan spektrum warna nyaris sama dengan orang dengan mata normal. Adalah Dr Don McPherson dari Union City, california yang berhasil menemukan kaca mata ini. Saat ini kaca mata yang telah mendapatkan patent dari FDA, telah banyak di distribusikan ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Kaca mata buta warna Enchroma ini disebut sebagai salah satu penemuan fenomenal dasawarsa ini. Bagimana tidak ? kelainan buta warna yang sampai sekarang belum ditemukan cara mengobati dan menyembuhkannya ini, sekarang bisa diatasi dengan menggunakan kaca mata tersebut. Tetapi tetap perlu diketahui, bahwa kaca mata buta warna ini tidak bisa digunakan untuk menyembuhkan. Tetapi hanya bisa membantu melihat warna dengan lengkap dan lebih jelas. Fungsinya sama dengan kacamata plus / minus yang banyak dipakai orang. Ia tidak bisa menyembuhkan mata plus / minus. Tetapi dengan menggunakan kaca mata tersebut, pemakainya bisa melihat dan membaca dengan lebih jelas.

6 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *