Lensa Chromagen Untuk Penderita Buta Warna

Chromagen, adalah istilah suatu campuran dari jenis bahan tertentu yang dipakai untuk membuat suatu alat, yang kaitannya dalam hal ini adalah alat yang diperuntukkan bagi para penderita buta warna.  Chromagen sendiri tersusun dari unsur  heme, yaitu sejenis gugus prostetik yang tersusun dari unsur  atom besi yang disebut porfirin. Tidak semua porfirin mengandung besi, tapi fraksi metalloprotein yang mengandung porfirin memiliki heme sebagai gugus protetiknya, heme juga dikenal dengan nama hemoprotein.

Chromagen banyak dipakai dalam pembuatan sejumlah alat atau benda, salah satunya dalam pembuatan kacamata dan lensa kontak bagi para penderita buta warna. Terdapat banyak kandungan yang menyusun chromagen. Chromagen sendiri dinilai jauh lebih aman dalam penggunaannya, karena bahan yang diambil biasanya berasal dari tanaman atau dari alam. Salah satu bahan penyusun chromagen adalah bahan hidrogel. Bahan hidrogel sudah lama dipakai sebagai bahan pembua softlens atau kontak lensa. Adalah seorang ahli kimia makromolekul keturunan Cekoslowakia bernama Otto Wichterle yang pertma kali memperkenalkan bahan hidrogel sebagai bahan pembuat softlens pada tahun 1961. Lensa kontak sendiri konon idenya sudah ada sejak tahun 1000-an. Bahan hidrogel dipilih oleh Otto Wichterle karena sifatnya yang lentur sehingga cocok digunakan sebagai bahan untuk lensa kontak.

Lensa kontak atau umum disebut “kontak” merupakan lensa korektif, kosmetik atau terapi yang biasanya ditempatkan pada kornea mata. Lensa kontak juga biasanya mempunyai kegunaan yang mirip dengan fungsi kacamata biasa, hanya saja lebih praktis dan bentuknya tak nampak ketika dipakai. Kini sudah banyak lensa kontak yang memiliki ragam warna, tentu ini agar tampilan lebih menarik dan juga memudahkan ketika kontak lensa dibersihkan, disimpan terlebih ketika dipakai. Sementara kacamata pada dasarnya adalah lensa tipis yang diaplikasikan pada mata mata yang dipakai untuk membantu kinerja mata dalam menormalkan dan mempertajam penglihatan. Sekarang selain menjadi alat bantu penglihatan, kacamata juga sudah menjadi pelengkap gaya serta menjadi alat bantu khusus yang salah satunya alat bantu bagi para penderita buta warna.

Ingin tahu lebih banyak tentang Chromagen lens ? lensa kontak khusus yang diperuntukkan mengatasi masalah kebutaan warna. Silahkan menghubungi kami. Semoga membantu.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *