Mengenalkan Lampu Lalu Lintas Kepada Anak Buta Warna

Mengenalkan warna kepada anak dengan penglihatan normal tentu  bukan persoalan yang sulit untuk dilakukan. Tetapi lain halnya jika anak tersebut mengalami buta warna. Dibutuhkan teknik khusus karena mereka tidak melihat warna persis seperti yang kita lihat sebagai manusia dengan penglihatan normal.

Dalam kasus ini, bagaimana kita mengajarkan kepada anak dengan buta warna tentang lampu lalu lintas ?. Jika berbicara dengan anak normal, maka kita bisa dengan mudah mengatakan Bahwa ketika lampu berwarna merah, maka kita harus berhenti. Jika lampu berwarna kuning, maka kita harus berhati-hati atau bersiap untuk berhenti / berjalan. Dan Jika lampu hijau menyala, maka kita boleh jalan. Karena anak dengan buta warna “menafsirkan” warna-warna tersebut berbeda dengan yang kita lihat, maka harus mencari teknik lain untuk mengajarkannya. Cara yang diambil pada dasarnya adalah sama : Merah berhenti, kuning bersiap, Hijau berjalan. Tetapi ditambahkan sebuh logika bahwa lampu lalu lintas berwarna Merah, letaknya selalu diatas. Jadi jika lampu paling atas menyala, itu artinya lampu sedang merah, dan kita harus berhenti. Lampu lalu lintas berwarna kuning letaknya ada di tengah dan lampu lalu lintas berwarna hijau letaknya selalu dibawah. Jadi walaupun anak dengan buta warna tidak bisa melihat warna dengan benar, tetapi mereka tetap bisa membaca lampu lalu lintas dengan melihat posisi lampu yang sedang menyala.

Walaupun cara ini terlihat sangat sederhana dan terlihat sepele, tetapi sangat bermanfaat bagi anak dengan buta warna. Menanamkan hal ini sejak dini, membuat anak paham tentang aturan berlalu lintas dengan benar, ditengah kekurangan yang dideritanya. Bagaimanapun juga kemungkinan kita menemui anak dengan buta warna disekeliling kita cukup besar, mengingat dari survey yang mengatakan bahwa setidaknya 1 dari 10 pria, mengalami buta warna. Artinya ada kemungkinan 10 % anak yang lahir juga mengalami hal yang sama.

 

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *