Pentingnya Deteksi Gejala Buta Warna Sejak Dini

Jika anda atau dalam keluarga anda ada yang memiliki kelainan buta warna, maka anda perlu waspada.

Karena anak-anak anda memiliki kecenderungan mengalami hal yang sama. Ini dikarenakan kelainan tidak bisa melihat warna secara lengkap ini mayoritas diakibatkan oleh faktor keturunan.

Mendeteksi gejala buta warna pada seorang anak sejak dini sangatlah penting dilakukan. Hal ini terkait dengan tumbuh kembang si anak kedepannya.

Dengan mengetahui dan memastikan apakah seorang anak mengalami buta warna atau tidak, maka kita bisa mencari antisipasi dan solusi terbaik yang bisa kita berikan kepadanya.

Misalnya bagaimana kita bisa menciptakan lingkungan “sosial” dirumah dengan baik. Memilihkan warna-warna yang sesuai untuk perabot kamar, pakaian, peralatan sehari-hari hingga kebutuhan sekolahnya.

Kita juga bisa memberikan informasi kepada sekolah dan guru tempat si anak menuntut ilmu. Sehingga seorang Guru bisa membantu anak tersebut mendapatkan pendidikan yang sama baaiknya dengan yang didapat teman-teman “normal” lainnya.

Kita juga bisa dengan mudah mengarahkan anak untuk “menentukan” cita-citanya sejak awal. Seperti pada umumnya, anak-anak bercita-cita menjadi seorang Pilot, Dokter, Tentara, Polisi dan lain-lain.

Jika kita sudah mendeteksi kelainan buta warna pada si anak, maka kita bisa memberikan pengertian kepadanya tentang apa yang ia hadapi. Dan pelan-pelan bisa mengarahkannya untuk mencapai cita-cita yang lebih mungkin ia gapai, karena kendala yang ia miliki.

Berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, seorang anak dengan buta warna tentu akan mengalami kendala tersendiri.

Saat dijalan, ia akan sulit membedakan warna bus, angkutan kota, dan rambu lalu-lintas. Jika ia besar kelak, tidak mungkin kita akan terus “mengawalnya” setiap hari dan kemanapun ia berada.

Bagaimanapun ia harus belajar mandiri. Ia harus tahu bagaimana menggunakan fasilitas umum dengan baik dan benar. Saat ia bepergian, apa yang harus ia lakukan untuk mengidentifikasi warna bus atau angkutan umum lain untuk mencari jurusan yang ia butuhkan.

Tetapi dengan melakukan deteksi sejak dini terhadap gejala buta warna ini, maka kita bisa membuat sebuah “aturan” kepada si anak supaya ia memahami kekurangannya, lalu mencari solusi yang ia perlukan.

Bayangkan jika kita abai akan gejala-gejala yang ditunjukkan oleh seorang anak dengan kelainan buta warna. Bagimana ia akan terus menemui kesulitan demi kesulitan yang tap pernah bisa ia pecahkan.

Yang pada akhirnya akan berpengaruh besar pada tumbuh kembang si anak hingga ia dewasa. Itulah pentingnya melakukan deteksi gejala buta warna sejak dini. Terutama bagi anda dan keluarga yang memiliki faktor resiko genetis cukup tinggi.

Mungkin anda tertarik menyimak beberapa tautan yang berhubungan dengan buta warna pada akan dibawah ini :

  1. Tes buta warna sederhana pada balita anda
  2. Buta warna pada anak bisakah diobati ?
  3. Apa yang perlu dilakukan ketika seorang anak diketahui buta warna ?

Jika anda ingin berbagi informasi tentang buta warna pada anak, silahkan menuliskannya dikolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *