Terapi Untuk Menyembuhkan Buta Warna

Terapi apakah yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan buta warna ?

Seseorang dikatakan mengalami buta warna, jika ia tidak bisa melihat warna dengan jelas dan lengkap. Sebagaimana mampu dilihat oleh orang dengan penglihatan normal lainnya.

Buta warna terjadi jika terjadi masalah dengan sel kerucut pada retina, yang bertugas sebagai sensor penerima warna pada mata.

Dengan terjadinya masalah pada sel kerucut tersebut, maka kemampuan mata untuk melihat warna menjadi berkurang. Pada keadaan ini, penderita masih bisa melihat warna, tetapi tidak lengkap. Keadaan ini disebut dengan buta warna parsial atau sebagian.

Sedangkan pada kondisi ekstrim yang jarang terjadi, sel kerucut tersebut rusak total atau bahkan tidak ada sama sekali. Dalam keadaan ini, penderita benar-benar hanya bisa melihat warna hitam, putih dan abu-abu. Inilah yang disebut sebagai buta warna total.

Lalu adakah terapi yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan buta warna ?

Sampai saat ini, para ahli kesehatan mata menyimpulkan, bahwa berdasarkan penelitian bertahun-tahun, bahwa buta warna mayoritas disebabkan oleh faktor keturunan atau genetis.

Jadi orang tua yang menderita buta warna, akan berpeluang besar menurunkan nya kepada anak dan cucunya.

Jadi karena disebabkan oleh faktor keturunan, maka sebenarnya tidak ada terapi yang bisa menyembuhkan buta warna. Karena memang pada dasarnya kelainan ini tidak bisa disembuhkan.

Betulkah seperti itu ?

Ya. Kesimpulan para ahli kesehatan mata diambil tentu dengan berdasarkan penelitihan bertahun-tahun yang bisa dipertanggung jawabkan secara medis.

Tapi saya pernah melihat ada orang yang menawarkan terapi untuk menyembuhkan buta warna ?

Adalah hak setiap orang untuk melakukan sesuatu hal yang dipandang membawa manfaat positif. Apalagi bisa menolong orang lain.

Tetapi berdasarkan kesimpulan para ahli, hingga saat ini belum ditemukan terapi yang secara klinis bisa menyembuhkan buta warna.

Kalau tidak ada terapi yang bisa menyembuhkan buta warna, lalu bagaimana solusi untuk mengatsinya ?

Karena menyembuhkan kelainan ini masih menjadi tanda Tanya besar, maka para ahli menyimpulkan bahwa solusi terbaik untuk buta warna adalah dengan menggunakan alat bantu.

Alat bantu yang dimaksud adalah menggunakan lensa kontak atau kaca mata khusus yang di desain secara khusus untuk membantu penderita buta warna meningkatkan visa warna pada matanya, sehingga bisa melihat warna dan spektrum warna dengan lebih lengkap dan jelas.

Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang lensa kontak dan kaca mata khusus buta warna, silahkan menyimak beberapa tautan dibawah ini :

  1. Lensa kontak Chromagen lens untuk penderita buta warna
  2. Enchroma kaca mata buta warna yang ditemukan secara tidak sengaja
  3. Kaca mata khusus untuk buta warna bernama EnChroma

Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *