Tes Buta Warna Online Langkah Pertama Mendeteksi Buta Warna

Anda tentu pernah mendengar apa yang dimaksud buta warna.

Buta warna merupakan sebuah kelainan yang ditimbulkan karena terdapat kelainan yang ada pada sel kerucut dalam retina mata.

Buta warna dibedakan atau digolongkan menjadi dua yakni, buta warna parsial atau sebagian dan buta warna total.

Buta warna sebagian merupakan buta warna yang mereka tidak bisa melihat warna tertentu saja, atau lemah pada warna tertentu.

Sedangkan buta warna total, mereka hampir tidak dapat membedakan semua warna. Pada buta warna jenis ini, warna yang dapat dilihat hanyalah hitam dan putih.

Apabila Anda memiliki anak dan beresiko terkena buta warna akibat keturunan, tes buta warna online adalah langkah pertama mendeteksi buta warna yang cukup efektif untuk dilakukan.

Anda juga harus mengetahui apa saja jenis dari buta warna.

Buta warna juga dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, yakni :

Trikromasi, merupakan buta warna yang mana mata mengalami perubahan tingkat sensivitas warna. Yakni, tingkat sensivitas dari satu atau lebih sel kerucut pada retina. Tiga turunan dari trikomasi ialah protanomali (protanomali merupakan bua warna yang lemah pada warna merah), deutromali (detromali merupakan buta warna yang lemah pada warna hijau), dan trinomali (merupakan buta warna yang lemah pada warna biru atau dapat dikatakan low blue).

Golongan kedua dari buta warna ialah Dikromasi, merupakan buta warna yang satu dari tiga sel kerucut itu tidak ada. Dikromasi dibedakan menjadi tiga golongan. Yakni : Protanopia. Protanopia merupakan buta warna yang sel kerucut warna merah tidak ada, yang kedua merupakan deutranopia. Deutranopia merupakan buta warna yang mana sel kerucut yang tidak ada ialah yang warna hijau.

Dan yang terakhir ialah Tritanopia, merupakan buta warna yang lemah pada warna biru. Sedangkan buta warna yang terakhir ialah Monokromasi. Monokromasi ini merupakan kerusakan total pada retina mata. Jika anda ingin mengetahui anda buta warna atau tidak, tes ini tentu dapat dicoba.

Tes buta warna online adalah langkah pertama mendeteksi buta warna, pernyataan diatas memang benar.

Karena pada dasarnya tes buta warna online, hanya memerlukan koneksi internet. Anda juga tidak perlu jauh – jauh untuk ke dokter mata.

Karena pada dasarnya waktu yang dibutuhkan juga terkadang tidak banyak. Jadi, tes buta warna online bisa dikatakan efisien, menghemat waktu. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan seputar tes buta warna online :

  1. Anda bisa membuka tes buta warna online yang tersebar di internet. Buka saja tes buta warna online yang manapun, yang sedikit terpercaya lebih baik.
  2. Jika anda sudah menjawab soal, dan 75 persen benar maka dapat dikatakan anda normal.

Demikian seputar mengenai tes buta warna online langkah pertama mendeteksi buta warna. Jangan ragu untuk mencoba karena tes ini tidak berbahaya. Selamat mencoba!

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *