Adakah Cara Mencegah Katarak ?

Katarak termasuk salah satu penyakit mata yang sering terjadi. Penyakit mata yang satu ini terjadi ketika lensa mata menjadi keruh dan berawan. Secara umum, katarak berkembang secara perlahan pada area mata.

Kemudian lama kelamaan, penyakit ini dapat mengganggu penglihatan dan membuat penderitanya merasa kurang nyaman untuk melihat. Agar tidak mengalami katarak, maka pencegahan perlu dilakukan. Lantas, bagaimana cara mencegah katarak yang dapat diterapkan?

Cara Mencegah Katarak

Sama halnya seperti penyakit lain yang dapat di cegah, penyakit katarak pada mata juga dapat di cegah. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit mata katarak meliputi :

Melindungi mata dari paparan sinar UV

Paparan sinar UV pada mata dapat memperbesar resiko seseorang mengalami penyakit mata katarak. Selain itu, katarak yang dialami juga berpotensi semakin parah terjadi jika terlalu sering terkontaminasi dengan sianr UV. Hal tersebut terjadi akibat sinar UV yang dapat merusak lensa mata.

Oleh sebab itu menghindari mata dari terpapar sinar UV sangat dianjurkan demi mencegah mata terkena katarak. Pastikan Anda memakai kacamata hitam karena kacamata hitam sangat ampuh dan efektif untuk melindungi mata terserang sinar UV. Memilih kacamata hitam dengan ukuran lebar juga sangat dianjurkan untuk memblokir 100% sinar UV dan memberikan perlindungan secara maksimal untuk mata.

Jagalah kesehatan tubuh Anda secara maksimal

Menjaga kesehatan tubuh juga menjadi salah satu PR penting untuk menjaga mata agar tetap sehat dan terhindar dari katarak. Salah satu jenis penyakit yang berpotensi besar untuk meningkatkan resiko katarak pada mata adalah kortikosteroid jangka panjang dan katarak. Nah, penyakit tersebut perlu Anda hindari demi mencegah terjadinya katarak pada mata.

Atur pola makan Anda

Cara mencegah katarak yang juga perlu dilakukan adalah atur pola makan Anda. Selain menjaga tubuh dari terserang berbagai macam penyakit, pola makan juga perlu Anda atur semaksimal mungkin. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti makanan yang didalamnya terdapat kandungan vitamin dan antioksidan.

Sebagai contoh, makanan – makanan yang sangat baik dikonsumsi dan didalamnya kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan seperti buah – buahan berwarna terang, sayur dan aneka biji – bijian.

Mengonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin C dan lutein juga sangat penting. Beberapa jenis makanan yang kaya vitamin C dan lutein didalamnya seperti jeruk, strawberry, melon, kiwi, brokoli dan tomat. Dianjurkan makanan tersebut dikonsumsi secara rutin setiap minimal 2 hari sekali.

For yoru information, Anda juga harus tahu bahwa didalam sebuah penelitian juga ditunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan berdampak sangat signifikan untuk menekan resiko terbentuknya katarak.

Menjaga berat badan agar selalu ideal

Obesitas atau berat badan juga menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan resiko seseorang terserang diabetes dimana diabetes menjadi salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami katarak.

Agar diabetes tidak terjadi pada diri Anda, menjaga berat badan agar selalu ideal sangat dianjurkan. Ada beberapa cara yang Anda bisa lakukan untuk menjaga berat badan ideal diantaranya mengatur pola makan, menjalankan aktivitas olahraga secara rutin.

Beberapa kegiatan olahraga yang dapat Anda lakukan diantaranya seperti berlari, berenang atau sekedar berjalan kaki.

Periksakan kondisi mata Anda secara rutin

Memeriksakan kondisi mata secara rutin juga diperlukan. Dengan memeriksakan kondisi mata secara rutin, dokter akan mendeteksi secara cepat  jika tanda – tanda mata katarak muncul. Dengan demikian, jika memang ada potensi mata mengalami katarak maka penanganan sejak dini dapat dilakukan.

Untuk orang dewasa, bagi mereka sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata ke dokter setiap dua tahun sekali sampai usia mereka 50 tahun. Di atas usia 50 tahun, dianjurkan agar Anda memeriksakannya sebanyak dua kali dalam setahun.

Sementara bagi orang yang memiliki riwayat diabetes, mereka beresiko tinggi mengalami penyakit mata dan dianjurkan agar orang yang memiliki riwayat diabetes ini lebih sering memeriksakan kondisi mata dibandingkan orang – orang dengan riwayat kesehatan yang lebih baik.

Itulah beberapa cara mencegah katarak yang Anda dapat terapkan. Selamat mencoba dan semoga ulasan yang kami berikan di atas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *