Adakah Vitamin untuk Menyembuhkan Buta Warna

Buta warna merupakan suatu kelainan pada mata yang menyebabkan kualitas penglihatan terhadap warna menjadi berkurang. Seseorang yang menderita buta warna akan mengalami kesulitan untuk membedakan warna tertentu atau bahkan seluruh warna.

Jenisnya ada beberapa macam. Ada buta warna parsial dan buta warna total. Lantas keduanya apakah dapat disembuhkan? Atau adakah vitamin untuk menyembuhkan buta warna? Berikut kami akan bagikan penjelasannya untuk Anda!

Adakah Vitamin untuk Menyembuhkan Buta Warna?

Jika ada pertanyaan “adakah vitamin untuk menyembuhkan buta warna?”

Tidak ada vitamin yang dapat menyembuhkan buta warna karena sejatinya buta warna merupakan suatu kelainan yang tak dapat disembuhkan. Akan tetapi efeknya dapat diminimalisir dengan beberapa cara agar orang yang mengalami buta warna setidaknya dapat beraktivitas secara normal.

Penderita buta warna juga dianjurkan mengonsumsi makanan yang didalamnya terdapat kandungan vitamin A. Beberapa jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita buta warna diantaranya :

Wortel

Sayuran yang satu ini merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain terdapat kandungan vitamin A, juga terdapat kandungan vitamin C, vitamin E, lutein, zinc, serta asam lemak omega 3 yang terbukti memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan mata.

Labu kuning dan ubi

Labu berwarna kuning dan ubi merupakan dua jenis makanan yang mengandung beta karoten sangat besar didalamnya. Kandungan beta karoten tersebut dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A tersebut nantinya dapat mencegah terjadinya rabun senja, buta mata atau kesulitan untuk melihat di malam hari.

Bayam dan sayuran hijau

Bayam dan sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxhantin sebagai antioksidan. Berdasarkan studi, bayam dan sayuran hijau merupakan dua jenis sayuran yang dapat menurunkan resiko katarak dan penurunan daya lihat.

Kandungan antioksidan didalam bayam dan sayuran hijau juga sangat besar manfaatnya untuk menyerap paparan sinar matahari, polusi udara dan asap rokok yang dapat berpotensi buruk pada mata.

Ikan tuna, salmon dan sarden

Ikan tuna, salmon, dan sarden merupakan bahan makanan yang kaya kandungan lemak jenis DHA didalamnya. Lemak jenis DHA tersebut merupakan jenis lemak yang dapat menyebabkan mata kering. Kandungan DHA di dalam ikan tuna, salmon, dan sarden juga sangat besar dalam melindungi mata dari terjadinya radang dan sekaligus membantu kinerja mata.

Jeruk, strawberry dan ragam jenis buah beri

Buah jeruk, strawberry dan beragam jenis buah beri merupakan jenis buah yang didalamnya terdapat kandungan vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C yang tinggi di balik buah jeruk, buah strawberry dan aneka buah berry berfungsi sebagai zat antioksidan yang dapat membantu mengurangi resiko degenerasi makula dan katarak.

Kacang almond dan biji bunga matahari

Kacang almond dan juga biji bunga matahari merupakan makanan yang lezat dan kaya manfaat. Didalamnya terdapat kandungan vitamin E yang sangat besar manfaatnya untuk membantu memperlambat degenerasi macula dan mengakibatkan penurunan daya lihat.

Kuning telur

Kuning telur merupakan bahan makanan yang didalamnya terdapat kandungan lutein, zinc dan zeaxanthin. Ketiga kandungan tersebut sangat besar untuk mengurangi terjadinya resiko penurunan daya lihat akibat pertambahan usia.

Buta warna yang disebabkan karena kondisi mata bukan buta warna yang terjadi karena genetik juga dapat diturunkan resikonya dengan mengonsumsi kuning telur secara rutin.

Selain perlu mengonsumsi beberapa makanan di atas, orang yang mengalami kelainan buta warna juga perlu mencegah resiko semakin meningkatnya kondisi mata semakin parah. Caranya dengan senantiasa menggunakan kaca mata untuk melindungi mata dari paparan sinar UV.

Jika orang yang mengalami buta warna menatap layar komputer atau gadget yang terlalu lama, pastikan agar hal tersebut dibatasi. Hal tersebut penting karena demi menjaga daya lihat mata agar tetap dalam kondisi yang optimal.

Memberikan batasan kerja terhadap mata juga sangat penting demi membantu mencegah ketidakmampuan mata dalam membedakan warna.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata dan mencegah resiko kesehatan semakin buruk pada orang yang mengalami kondisi buta warna.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *