Apa itu Buku Ishihara ?

Apa itu buku ishihara?

Buku ishihara merupakan suatu buku berisi bulatan – bulatan warna yang digunakan untuk mengetes seseorang mengalami kelainan buta warna atau tidak. Selain melalui buku ishihara, ada beberapa jenis tes buta warna yang bisa dilakukan.

Tes buta warna ini tidak harus dilakukan dengan bantuan dokter, melainkan dilakukan secara mandiri di rumah tentu saja bisa. Informasi selengkapnya tentang apa itu buku ishihara dan tes buta warna akan kami ulas dalam uraian berikut ini!

Apa Itu Buku Ishihara dan Tes Buta Warna

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tes buta warna. Salah satu caranya adalah dengan melalui buku ishihara.

Buku ishihara merupakan alat tes buta warna yang sekarang bisa dibeli secara bebas di berbagai macam marketplace. Buku ini didalamnya berisi tentang bulatan – bulatan warna yang dapat digunakan untuk mengetes seseorang mengalami buta warna atau tidak.

Jika orang yang di tes dapat membedakan bulatan – bulatan warna dalam buku ishihara, maka orang tersebut dinyatakan tidak mengalami buta warna dan lulus dalam tes buta warna tersebut. Buku ini disebut sebagai buku ishihara karena orang yang menemukan atau menciptakan buku ini bernama Ishihara.

Nama lengkap penemu buku ishihara yang bermanfaat dalam tes buta warna sampai sekarang adalah Dr. Shinobu Ishihara yang berasal dari Jepang.

Selain tes buta warna dapat dilakukan menggunakan buku ishihara, juga ada beberapa tes lain yang selama ini dilakukan untuk mengetes seseorang mengalami buta warna atau tidak. Beberapa prosedur tes buta warna selain tes ishihara yang bisa dilakukan diantaranya :

Tes warna cambrigde

Tes ini merupakan tes buta warna yang dilakukan dengan menggunakan layar komputer. Mereka yang ditest akan diminta untuk mengidentifikasi huruf C yang warnanya berbeda dengan warna yang ada di sekitarnya.

Tes penyusunan

Tes penyusunan merupakan suatu tes yang dilakukan dengan cara menyusun objek berdasarkan gradasi warna tertentu. Sebagai contoh, peserta tes akan diminta untuk menyusun balok – balok dari gradasi warna biru tua, biru, dan biru muda. Nantinya akan diketahui mereka bisa membedakan warna – warna tersebut atau tidak.

Tes Farnsworth-munsell

Tes yang satu ini dilakukan dengan cara menggunakan lingkaran dengan berbagai macam gradasi dari warna yang sama seperti halnya pada tes penyusunan. Tes Farnsworth-munsell ini dilakukan untuk memeriksa apakah peserta dapat membedakan perubahan warna atau tidak.

Tes anomaloscope

Tes yang satu ini dilakukan dengan menggunakan bantuan alat yang bentuknya mirip seperti mikroskop. Melalui lensa tersebut, peserta akan diminta untuk melihat lingkaran dimana lingkaran tersebut dibagi menjadi dua warna.

Setengah lingkaran berwarna kuning terang, setengahnya berwarna merah dan hijau. Peserta tes nantinya akan diminta untuk menekan tombol pada alat sampai seluruh warna dalam lingkaran berubah menjadi sama. Nah, tes yang satu ini perlu dilakukan untuk mengetahui seseorang mengalami buta warna merah – hijau atau tidak.

Selain tes di atas, ada juga beberapa jenis tes buta warna mandiri lain yang bisa dilakukan, diantaranya :

Tes pensil warna

Tes pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan pensil yang memiliki warna merah, cokelat, putih, hijau dan abu – abu. Kemudian minta orang yang akan ditest mengambil pensil berwarna merah atau hijau dari warna – warna yang telah disusun tersebut.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah sebelum tes pensil warna ini dilakukan, pastikan agar ia yang di test memang memahami tentang warna. Karena jika orang tersebut tidak memahami tentang warna akan percuma.

Tes buta warna online

Perkembangan teknologi yang ada sekarang ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satunya untuk menjalankan tes buta warna online. Kini di internet, terdapat berbagai macam tes buta warna yang dapat dilakukan dan memberikan hasil yang sangat cepat serta akurat. Anda bisa memanfaatkan tes yang satu ini.

Itulah sekilas informasi tentang apa itu buku ishihara dan beberapa serangkaian tes buta warna lain yang bisa dilakukan. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat dan menginspirasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *