Apakah Buta Warna Bisa Disembuhkan Dengan Banyak Makan Sayuran ?

Siapa sih yang tidak ingin memiliki penglihatan dengan visi warna yang lengkap dan normal ?. Tentu semua orang berharap memiliki hal yang sama. Indahnya warna-warni dunia ini bisa dilihat dan dinikmati dengan jelas dan puas. Tapi apa daya jika kenyataan berkata lain ?. Itulah mengapa banyak cara dilakukan oleh orang yang mengalami kelainan visi warna pada matanya. Salah satu pertanyaan yang disampaikan kepada saya adalah : Apakah buta warna bisa disembuhkan dengan banyak mengkomsusi sayuran ?

Makan sayuran apalagi bervariasi setiap hari tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan vitamin didalamnya membantu metabolisme tubuh dalam menyerap zat makanan. Kandungan seratnya juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Dengaan cukupnya vitamin dan serat yang kita konsumsi, maka efeknya bisa dirasakan dengan semakin fit nya tubuh kita dalam beraktifitas sehari-hari. Tetapi jika dikaitkan dengan pertanyaan apakah mengkonsumsi sayuran secara rutin bisa digunakan untuk menyembuhkan buta warna ?. Maka berdasarkan berbagai referensi yang saya kumpulkan, jawabannya adalah tidak.

Seperti kita ketahui, kelainan buta warna disebabkan oleh enam faktor. Yaitu faktor keturunan, akibat penyakit tertentu, efek samping pengobatan, paparan zat kimia tertentu, faktor penuaan atau usia serta karena kecelakaan. Menurut penelitian para ahli, faktor keturunan adalah penyebab mayoritas dari kelainan ini. Bahkan dikatakan lebih dari 95 % dari total penyebabnya. Jadi jika faktor genetis adalah penyebab utamanya, maka mengkonsumsi sayuran tidak akan berefek apapun pada penyembuhan buta warna. Demikian juga jika disebabkan oleh Penyakit, efek samping pengobatan, paparan zat kimia dan dua penyebab lainnya.

Dari beberapa referensi yang saya kumpulkan baik melalui internet maupun dengan berbincang dengan dokter spesialis mata, hasilnya adalah bahwa sampai saat ini belum ada yang mampu menyembuhkan kelainan buta warna, apalagi jika itu disebabkan oleh faktor keturunan.

Lalu jika buta warna tidak bisa disembuhkan dan diobati, adakah penanganan yang bisa diambil sebagai solusi untuk mengatasinya ?. Ya, kemajuan teknologi terus berkembang. Walaupun cara penyembuhan dan pengobatannya belum ditemukan, tetapi sebuah solusi bisa diambil dengan cara menggunakan alat bantu. Adalah kaca mata buta warna dan lensa kontak Chromagen (Chromagen lens) yang kini telah berhasil dikembangkan dan telah dijual luas di banyak negara termasuk Indonesia. Dengan kaca mata dan lensa kontak buta warna ini, penderita bisa melihat warna dan spektrumnya dengan lebih jelas nyaris seperti yang dilihat oleh orang normal. Tetapi sekali lagi, ini adalah alat bantu dan tidak bersifat untuk menyembuhkan. Seperti halnya kaca mata minus / plus yang akan membantu pemakainya untuk melihat dengan lebih jelas. Tetapi tidak menyembuhkan mataa minus / plus itu sendiri.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *