Apakah Buta Warna Parsial Bisa Disembuhkan Dengan Bawang Merah ?

Apakah benar, buta warna parsial bisa disembuhkan dengan bawang merah ?. Demikianlah sebuah pertanyaaan melalui pesan singkat masuk ke Handphone saya. Dengan heran saya balik bertanya “ apa dasarnya anda punya pertanyaan seperti itu ?”. Si penanya menjawab “Saya pernah membaca di sebuah halaman web, katanya bawang merah di iris lalu dioleskan di sekitar mata, dan itu bisa menyembuhkan kelainan buta warna. Saya berpikir, apa tidak perih kalau mata diolesi dengan bawang merah ?

Seperti diketahui, buta warna parsial mayoritas disebabkan oleh faktor genetis alias keturunan. Dan nyatanya belum ditemukan obat atau terapi fisik apapun yang bisa menyembuhkannya. Demikian pula yang disebabkan oleh faktor lain seperti Efek  Penyakit tertentu, Efek samping pengobatan, paparan zat kimia, penuaan dan faktor kecelakaan.

Sampai saat ini saya tidak menemukan referensi yang valid yang mendukung pernyataan diatas. Bahkan untuk penyakit mata jenis apapun, saya tidak menemukan resep atau terapi yang bisa dilakukan dengan menggunakan bawang merah. Apalagi jika dikaitkan dengan pengobatan buta warna. Sedangkan pengobatannya sendiri sampai sekarang belum bisa dilakukan.

Jadi kesimpulannya ? seperti yang banyak kita baca dari banyak referensi, bahwa buta warna tidak bisa diobati atau disembuhkan, apalagi dengan “terapi” bawang merah seperti tadi. Buta warna hanya bisa dicarikan solusi dengan menggunakan alat bantu, seperti yang sekarang mulai banyak dipakai, yaitu menggunakan Kaca mata buta warna dan lensa kontak Chromagen.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *