Apakah Glaukoma Bisa Disembuhkan ?

Sebagaimana yang kita tahu bahwa glaukoma merupakan sebuah kondisi yang terjadi pada seseorang yang mengalami kerusakan pada saraf mata. Kerusakan saraf mata tersebut terjadi akibat peningkatan tekanan di bagian bola mata. Lantas, apakah glaukoma bisa disembuhkan?

Untuk mengetahui apakah glaukoma bisa disembuhkan atau tidak, kita perlu mengungkap fakta – fakta tentang kelainan saraf mata glaukoma ini. Berikut fakta tentang glaukoma yang harus Anda tahu! Simak informasinya berikut ini!

Fakta Apakah Glaukoma Bisa Disembuhkan Atau Tidak

Glaukoma sering terjadi

Kondisi penyakit mata glaukoma yang menyerang seseorang merupakan sebuah jenis penyakit yang paling umum terjadi. Salah satu penyebab utama dari penyakit glaukoma ini adalah disebabkan oleh tingginya tekanan bola mata yang mengganggu saraf mata.

Kondisi tekanan bola mata yang mengalami gangguan sendiri seringkali terjadi khususnya pada seseorang yang sudah memasuki usia 60 tahun. Jadi orang – orang dengan kadar penglihatan yang memang mulai mengalami penurunan sangat rentan dengan penyakit glaukoma ini.

Glaukoma terbagi ke dalam beberapa jenis

Penyakit glaukoma terbagi ke dalam beberapa jenis yaitu :

  • Glaukoma sudut terbuka
  • Glaukoma sudut tertutup
  • Glaukoma kongenital (glaukoma yang terjadi karena bawaan dari lahir)
  • Glaukoma sekunder : kelainan glaukoma yang penyebabnya adalah karena penyakit lain yang menyerang penderita.

Mata berkabut sebagai gejala glaukoma yang harus diwaspadai

Banyak orang yang tidak tahu dengan kondisi saraf matanya yang mengalami kerusakan. Padahal sebenarnya ada beberapa gejala di awal kemunculan gangguan kesehatan glaukoma yang terjadi pada penderita. Hanya saja kebanyakan penderita glaukoma tidak merasakan hal tersebut.

Salah satu gejala umum yang sering terjadi di awal kemunculan penyakit glaukoma pada seseorang adalah nyeri di area mata yang kemudian diikuti dengan warna mata yang memerah. Kondisi ini biasanya menyebabkan penderita mengalami nyeri di area mata ketika dipaksakan untuk melihat. Penderita juga akan merasa sering sakit kepala atau pusing setelah nyeri hebat di area mata ia rasakan.

Penderita glaukoma juga akan merasakan gejala munculnya bayangan lingkaran hitam di setiap objek yang dilihat oleh mata. Parahnya lagi, kondisi ini merupakan tanda bahwa glaukoma semakin parah dan menyebabkan penglihatan semakin menyempit dan mengecil. Jika tidak segera ditangani dengan baik, maka penderita berpotensi mengalami kebutaan.

Kesalahpahaman tentang glaukoma

Banyak orang mengatakan bahwa tekanan bola mata merupakan penyebab glaukoma. Padahal sebenarnya masalah tekanan pada bola mata bukan menjadi satu – satunya penyebab glaukoma terjadi. Terdapat beberapa penyebab lain mengapa penyakit glaukoma ini bisa muncul dan terjadi.

Penyebab lain dari glaukoma selain tekanan pada bola mata yaitu kurangnya suplai darah pada area saraf mata serta masalah kesehatan pada saraf mata itu sendiri.

Glaukoma menjadi penyebab kebutaan terbesar kedua di dunia

Menurut badan kesehatan dunia (WHO), glaukoma merupakan jenis penyakit yang dapat menimbulkan kebutaan dan glaukoma menjadi jenis penyakit kedua yang menyumbang angka kebutaan terbesar di dunia setelah katarak.

Menurut informasi yang diuraikan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2007, penderita glaukoma di Indonesia mencapai angka 4,6 per 1000 penduduk. Kemudian yang jadi pertanyaan, apakah glaukoma bisa disembuhkan agar tidak menimbulkan kebutaan?

Pengobatan glaukoma

Jadi, apakah glaukoma bisa disembuhkan? Kerusakan mata yang disebabkan oleh kelainan pada saraf atau glaukoma tidak dapat disembuhkan lagi. Akan tetapi Anda bisa melakukan pencegahan agar penyakit glaukoma tidak terjadi.

Cara mencegah penyakit glaukoma yang bisa dilakukan yaitu dengan secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan mata pada dokter. Anda juga dianjurkan untuk menggunakan pelindung mata seperti kaca mata setiap kali Anda beraktivitas di luar ruangan ketika siang hari.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A agar mata Anda sehat. Sementara jika penyakit glaukoma memang sudah terlanjur di alami, Anda bisa melakukan alternatif pengobatan untuk meminimalisir resiko glaukoma. Pengobatan yang bisa dilakukan seperti mengonsumsi obat glaukoma sesuai anjuran dokter, melakukan operasi mata atau terapi laser.

Jadi, kelainan glaukoma tidak bisa disembuhkan kembali namun dapat dicegah dan jika terjadi dapat dirawat dengan beberapa alternatif pengobatan yang kami telah sampaikan di atas. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang menambah wawasan dan bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *