Apakah Katarak Bisa Disembuhkan ?

Mengenai penyakit mata yang menyerang lensa mata yaitu katarak, banyak pertanyaan yang kemudian muncul yaitu apakah katarak bisa disembuhkan?

Ada beberapa cara mengobati katarak yang bisa dilakukan dan mengenai potensi kesembuhannya dengan pengobatan tersebut, di sini kami akan berikan ulasan selengkapnya untuk Anda. So, let’s check these out!

Apakah Katarak Bisa Disembuhkan?

Penyakit mata yang terjadi karena lensa mata menjadi buram dan keruh, apakah bisa disembuhkan? Katarak nyatanya menjadi salah satu gangguan penglihatan yang dapat disembuhkan.

Ya, jika pertanyaannya apakah katarak bisa disembuhkan? Jawabannya bisa! Operasi mata katarak menjadi salah satu prosedur yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit mata yang satu ini.

Operasi mata katarak terdiri atas dua jenis yang dapat dilakukan. Kedua jenis operasi mata katarak tersebut diantaranya :

  • Small incision cataract surgery : Tindakan operasi jenis pertama merupakan suatu tindakan operasi yang dilakukan dengan inisiasi kecil pada tepian kornea. Kemudian selanjutnya dokter akan menyinarkan gelombang ultrasound untuk menghancurkan lensa dan kemudian mengambilnya menggunakan suatu alat penghisap.
  • Extracapsular surgery : Jenis operasi yang kedua merupakan prosedur operasi yang dilakukan dengan inisiasi besar untuk mengeluarkan inti lensa yang berkabut pada mata. Kemudian selanjutnya sisa lensanya dikeluarkan dengan memanfaatkan alat penghisap.

Pada kedua jenis operasi tersebut, lensa buatan yang disebut sebagai lensa intraocular dimasukkan ke mata untuk menggantikan lensa mata yang asli. Operasi jenis ini butuh waktu sekitar satu jam dan tidak akan ada rasa nyeri yang dialami oleh pasien selama operasi berlangsung.

Biasanya katarak butuh waktu bertahun – tahun untuk berkembang dari yang sedang, menjadi parah dan semakin parah. Ketika mata katarak kemudian semakin parah, katarak dapat berpengaruh pada warna yang dilihat penderita. Benda – benda yang terlihat akan cenderung berwarna kuning kecoklatan dan menjadi keruh.

Seringkali katarak berpengaruh pada kedua mata penderita, akan tetapi sangat jarang kondisi mata katarak memiliki tingkat keparahan yang sama. Orang yang dianjurkan untuk menjalani operasi mata katarak pada dasarnya memiliki beberapa alasan. Adapun beberapa alasan mengapa seseorang perlu menjalankan operasi mata katarak, diantaranya :

  • Membantu meningkatkan ketajaman penglihatan. Hal ini terjadi jika kekeruhan lensa atau keburaman mata mengganggu aktivitas sehari – hari Anda.
  • Operasi mata katarak perlu dilakukan jika terdapat kondisi medis yang berbahaya akibat mata katarak, semisal lens induced glaucoma
  • Atas dasar alasan kosmetik, pasien katarak memiliki pupil (bagian tengah mata yang biasanya pada orang normal berwarna hitam) berwarna keabu – abuan, baik abu – abu muda atau abu – abu tua. Nah, mereka yang menjalani operasi katarak perlu perbaikan ketajaman penglihatan dan penghilangan warna abu – abu tersebut sehingga operasi diperlukan.

Anda yang mengalami katarak tidak perlu takut dengan operasi mata katarak. Operasi mata katarak bukan operasi yang butuh waktu lama seperti operasi organ dalam lainnya. Kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk tindakan operasi mata katarak sekitar 2 – 3 jam paling lama.

Kebanyakan orang yang telah menjalankan operasi mata akan mendapatkan penglihatan yang lebih baik pasca operasi dilakukan. Karena itu Anda yang mengalami katarak pastikan sesegera mungkin melakukan operasi.

Semakin lama Anda menunda operasi, maka kemungkinan penglihatan Anda kembali normal akan semakin kecil. Oleh sebab itu, pastikan operasi mata dilakukan untuk memperbaiki penglihatan Anda dan meminimalisir resiko akibat katarak. Anda dapat mendiskusikan tindakan operasi mata yang bisa dilakukan untuk menangani katarak yang dialami.

Untuk pencegahan, katarak dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan juga vitamin C. Selain itu, katarak juga dapat dicegah dengan selalu menjaga kesehatan mata. Pakai kaca mata hitam di bawah terik matahari, gunakan kaca mata pelindung jika Anda bekerja di depan laptop atau komputer, juga ketika berlama – lama di depan HP atau gadget.

Itulah cara mencegah katarak dan cara penyembuhan mata katarak yang bisa dilakukan. Jadi, apakah katarak bisa disembuhkan? Jawabannya bisa! Metode operasi yang minim komplikasi dapat dilakukan.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *