Apakah Membaca Ditempat Gelap Bisa Menyebabkan Buta Warna ?

Seorang rekan bertanya kepada saya, “ apakah kebiasaan membaca ditempat yang gelap atau redup bisa mengakibatkan sesorang mengalami buta warna ?”. Dari pertanyaan tersebut, saya mencoba mencari referensi dari  berbagai sumber seperti buku, majalah kesehatan dan sumber berita di internet. Dan setelah sekian lama mencoba, sampai saat ini saya belum menemukan referensi yang mendukung pernyataan bahwa membaca ditempat gelap atau redup bisa menjadi faktor pemicu munculnya buta warna pada seseorang yang sebelumnya normal.

Seperti diketahui, kelainan buta warna mayoritas disebabkan oleh faktor genetis. Artinya akan diturunkan oleh orang tua yang menderita buta warna kepada anak kandungnya melalui chromosome X. Faktor lain yang terbukti menjadi pemicu adalah karena beberapa penyakit seperti Katarak, Glaukoma, Alzheimer dan lain-lain. Ada juga yang disebabkan oleh faktor penuaan (usia), faktor efek samping dari pengobatan tertentu dan faktor kecelakaan yang menimpa seseorang. Sedangkan faktor kebiasaan membaca di lingkungan dengan intensitas cahaya yang rendah, sama sekali tidak ditemukan referensinya.

Membaca ditempat redup atau gelap memang tidak dianjurkan atau bahkan harus dihindari, karena akan mempengaruhi kesehatan dan kemampuan mata dalam melihat. Kelainan mata seperti mata minus, bisa diakibatkan oleh kebiasaan tidak baik itu. Namun demikian, walaupun bukan kebiasaan yang baik, membaca ditempat dengan intensitas cahaya rendah, belum terbukti bisa  menyebabkan seseorang yang normal menjadi buta warna.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *