Buta Warna Bisa Sembuh Apa Tidak ?

Buta warna atau color blindless adalah salah satu kelainan yang disebabkan oleh faktor genetis atau faktor keturunan. Kelainan yang satu ini adalah akibat dari sel kerucut dalam retina mata yang tidak mampu menangkap spektrum warna. Buta warna dibedakan menjadi dua macam, yakni buta warna parsial dan buta warna total. Buta warna parsial adalah jenis yang umum ditemukan, yakni ketidakmampuan seseorang untuk membedakan warna-warna dasar seperti merah, hijau dan biru. Sementara pada buta warna total, penderitanya tidak dapat membedakan warna-warna lain selain hitam dan putih. Buta warna total ini sangat jarang ditemukan kasusnya.

Pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah buta warna dapat disembuhkan? Terutama bagi seseorang yang ingin melamar pekerjaan sebagai pilot, tentara, pekerja di bidang farmasi dan lain-lain yang pasti mensyaratkan tes buta warna. Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita harus melihat terlebih dahulu faktor apakah yang menyebabkan seseorang menderita buta warna. Salah satu faktor penyebab buta warna adalah efek samping pengobatan. Beberapa pengobatan tertentu biasanya memberi efek samping pada indera penglihatan seseorang. Terutama jika obat-obatan yang digunakan mengandung digoxin, pheytoin dan chloroquine. Dalam kasus seperti ini, biasanya buta warna dapat sembuh dengan sendirinya jika pengobatan tersebut dihentikan.

Namun apabila buta warna terjadi akibat faktor genetis, maka sudah pasti kelainan ini tidak dapat disembuhkan. Faktor genetis disebut juga faktor keturunan atau faktor bawaan, di mana orangtua dengan riwayat kelainan buta warna juga kemungkinan besar akan memiliki anak dengan penyakit buta warna pula. Penyakit yang disebabkan oleh faktor genetis memang kecil kemungkinan untuk sembuh karena sudah terbawa dalam gen sejak lahir. Gen adalah unit pewarisan sifat dalam diri organisme. Gen diwariskan oleh individu kepada keturunannya melalui serangkaian proses reproduksi. Singkatnya gen merupakan pembawa sifat seorang individu, baik sifat fisik dari luar seperti warna kulit, bentuk hidung dan lain-lain hingga beberapa kelainan yang mungkin diderita oleh orangtua, salah satunya buta warna.

Walau belum ada obatnya sampai sekarang dan tidak mungkin untuk disembuhkan, ada beberapa terapi buta warna di internet supaya Anda tetap bisa lolos tes buta warna. Anda bisa mencarinya lebih lanjut di Internet. Akan tetapi, selalu ingat bahwa memiliki kelainan buta warna bukan berarti semua mimpi-mimpi Anda hancur. Masih ada bidang pekerjaan lain yang tidak mengharuskan pekerjanya untuk lolos tes buta warna. Atau, Anda juga bisa memulai bidang usaha sendiri sebagai wiraswasta. Banyak jalan yang bisa ditempuh walau menderita buta warna, asalkan kita mau berusaha, tidak mudah menyerah dan memanfaatkan tiap kelebihan yang kita miliki. Tetap semangat dan jangan pernah berputus asa adalah kuncinya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *