Buta Warna Bukan Berarti Tidak Bisa Melihat Warna

Buta warna merupakan sebuah kondisi dimana mata tidak bisa melihat dengan jelas warna-warna tertentu atau tidak dapat membedakan warna yang hampir sama.

Buta warna ini disebabkan oleh ketidakmampuan sel-sel kerucut mata untuk menangkap suatu spektrum warna tertentu. Kita biasanya mengenal buta warna sebagian atau buta warna parsial dan buta warna total.

Namun, yang sering kita jumpai adalah buta warna parsial (sebagian), buta warna parsial bukan berarti tidak bisa melihat warna, tapi si penderita hanya bisa melihat warna-warna tertentu saja dan terkadang sulit membedakan beberapa warna, misalnya; merah dan hijau atau biru dan kuning. Ada 3 macam buta warna parsial:

  1. Deutrinophia, penderita buta warna jenis ini biasanya hanya tidak bisa melihat warna hijau karena sel-sel kerucut matanya tidak bisa menangkap spektrum warna hijau.
  2. Protanophia, seperti halnya Deutrinophia, penderita buta warna ini juga hanya tidak bisa melihat warna merah karena ia kehilangan sel-sel kerucut mata yang digunakan untuk mendeteksi warna merah.
  3. Tritanophia, gangguan ini disebabkan adanya ketidakmampuan membedakan warna biru dan kuning, hal ini disebabkan adanya masalah dalam conus merah dan biru.

Jika buta warna parsial tidak bisa melihat beberapa warna atau membedakan warna, lain halnya dengan buta warna total.

Buta warna total ini juga bukan berarti tidak bisa melihat warna sama sekali, tapi ia hanya bisa melihat warna hitam, putih, dan abu-abu. Buta warna total ini juga sangat jarang kasusnya.

Mayoritas orang menyadari bahwa mereka mengidap buta warna juga hanya bisa dilakukan melalui tes kesehatan mata. Biasanya tes kesehatan mata juga dilakukan pada usia sekolah seperti; SMA , sehingga banyak penderita buta warna parsial terlambat menyadarinya.

Terutama penderita buta warna parsial, mereka tidak menyadari secara signifikan gejala-gejala buta warna, karena memang tidak jelas terlihat, hanya bisa dideteksi secara pasti dengan tes kesehatan mata.

Hal tersebut karena buta warna parsial bukan berarti melihat warna dalam hitam putih saja, sehingga penderita menganggap bahwa mata mereka normal-normal saja karena masih bisa mengenali warna-warna.

Jadi asumsi yang mengatakan bahwa buta warna tidak bisa melihat warna adalah salah ! Buta warna, khususnya buta warna parsial bukan berarti melihat warna dalam hitam putih saja, tapi ketidakmampuan mata untuk mendeteksi warna-warna tertentu misalnya; warna hijau, kuning, dan biru.

Selebihnya penderita buta warna parsial ini bisa melihat warna-warna lain seperti ungu, orange, dan coklat, karena memang buta warna parsial hanya sebagian saja. Biasanya penderita buta warna parsial ini sulit membedakan beberapa warna dan angka, hal tersebut diketahui ketika mereka menjalani tes warna dan mereka tidak  bisa membedakan warna atau angka tertentu

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *