Cara Mencegah Glaukoma

Glaukoma merupakan jenis penyakit yang timbul karena kerusakan saraf mata akibat meningkatnya tekanan bola mata dan berpotensi mengakibatkan kebutaan pada penderita. Lantas bagaimana cara mencegah glaukoma agar kerusakan saraf penyebab glaukoma tidak terjadi?

Ada beberapa cara mencegah glaukoma yang kita dapat lakukan. Glaukoma memang harus dicegah sebelum terjadi karena seseorang yang menderita glaukoma akan merasakan beberapa gejala serius. Beberapa gejala yang dirasakan diantaranya seperti gangguan penglihatan, nyeri pada mata dan sakit kepala.  Informasi selengkapnya tentang cara mencegah glaukoma akan kami ulas dalam uraian berikut ini!

Cara Mencegah Glaukoma

Melindungi mata dari paparan sinar UV

Selama ini paparan sinar UV hanya ditakutkan dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan kulit. Padahal paparan sinar UV tidak hanya dapat merusak jaringan kulit, melainkan juga sangat berbahaya bagi kesehatan mata.

Hanya saja tak banyak orang yang sadar bahwa paparan sinar UV berbahaya pada kesehatan mata. Karena itu utamanya jika Anda terlalu sering berada di luar ruangan, biasakan untuk Anda memberikan perlindungan pada mata. Hal tersebut penting juga agar mata terlindungi dan kesehatannya terjaga.

Seringlah mengonsumsi buah berwarna gelap atau abu – abu

Sebagian orang mungkin masih belum tahu bahwa semua jenis buah dengan warna gelap atau abu – abu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan semua jenis buah yang memiliki warna gelap atau abu – abu dapat menjadi salah satu makanan untuk mencegah terjadinya gangguan glaukoma pada mata.

Jenis buah – buahan yang dimaksud diantaranya seperti cranberry, blueberry, dan semua jenis golongan buah berry lainnya. Buah – buahan ini dapat membuat sistem syaraf dan sistem otot dibagian mata dapat bekerja secara maksimal.

Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan karotenoidnya

Berbagai jenis makanan yang mengandung zat karotenoid biasanya sangat identik dengan makanan yang berwarna kuning. Selain sebagai sumber makanan yang mengandung zat karotenoid, jenis makanan berwarna kuning juga memiliki banyak cadangan vitamin A didalamnya yang sangat baik bagi kesehatan mata.

Makanan berwarna kuning juga kaya akan kandungan antioksidan. Karena semua kandungan tersebut, jenis makanan berwarna kuning dapat mencegah semua penyakit degenerasi makula serta menjaga lensa mata agar tetap sehat.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung zat karotenoid didalamnya. Beberapa jenis makanan yang didalamnya mengandung zat karotenoid seperti jeruk, pepaya, ubi, nanas, dan wortel. Konsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah glaukoma.

Melakukan pemeriksaan mata secara teratur

Orang yang sudah berusia 40 tahun lebih wajib melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Anda akan tahu apakah mata Anda sehat atau tidak. Dengan demikian jika ada masalah pada mata termasuk glaukoma dapat segera dicegah dan diatasi sejak dini.

Selain itu, pemeriksaan secara rutin juga dapat menjadi  perawatan seumur hidup demi mempertahankan penglihatan mata Anda sampai tua. Beberapa kategori rentang usia yang sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata diantaranya :

  • Orang dengan rentang usia di bawah 40 tahun, perlu memeriksakan mata dua sampai empat tahun sekali
  • Orang dengan rentang usia 40 tahun sampai 54 tahun, perlu memeriksakan mata satu sampai tiga tahun sekali
  • Orang dengan rentang usia 55 tahun sampai 64 tahun, perlu memeriksakan mata satu atau dua tahun sekali
  • Orang dengan rentang usia di atas 65 tahun perlu memeriksakan mata setiap 6 bulan sekali atau 12 bulan sekali

Kendalikan kadar gula darah Anda

Bagi Anda yang memiliki gangguan penyakit yang ada kaitannya dengan kadar gula darah seperti diabetes misalnya, perlu waspada dengan penyakit mata glaukoma. Ketika kadar gula darah Anda sedang naik atau bahkan tinggi, baiknya Anda membuat lensa mata karena potensi retina mengalami gangguan dari hari ke hari akan semakin besar. Penglihatan Anda juga akan mengalami penurunan seiring berjalannya waktu.

Itulah beberapa cara mencegah glaukoma yang bisa dilakukan. Pastikan Anda menerapkan gaya hidup sehat dan melakukan pemeriksaan secara teratur sesuai anjuran dokter untuk menjaga kesehatan saraf mata Anda dan terhindar dari resiko penyakit glaukoma.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *