Cara Mengobati Katarak

Katarak merupakan penyakit yang menyerang lensa mata. Penderita katarak akan mengalami kondisi tidak nyaman ketika melihat karena lensa mata menjadi keruh dan berawan. Katarak termasuk salah satu jenis penyakit mata yang beresiko menjadikan penderitanya mengalami kebutaan. Lantas, adakah cara mengobati katarak yang dapat dilakukan?

Terdapat beberapa cara mengobati katarak yang dapat dilakukan dan pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya secara detail untuk Anda. Let’s check these out!

Cara Mengobati Katarak

Dalam metode pengobatan katarak, ada beberapa cara mengobati katarak yang bisa dilakukan. Metode pertama yang bisa dilakukan adalah dengan operasi katarak. Terdapat dua jenis operasi katarak yang dapat dimanfaatkan yaitu :

  • Small incision cataract surgery : merupakan jenis operasi mata katarak yang dilakukan dengan inisiasi kecil pada bagian tepi kornea. Kemudian selanjutnya dokter akan menyinarkan gelombang ultrasound untuk menghancurkan lensa yang bermasalah. Kemudian lensa tersebut akan diambil dengan menggunakan alat penghisap.
  • Extracapsular surgery : operasi jenis ini merupakan tindakan operasi mata katarak yang membutuhkan inisiasi lebih besar. Inti lensa yang berkabut akan dikeluarkan, kemudian selanjutnya sisa lensa dikeluarkan dengan sebuah alat penghisap.

Pada kedua jenis operasi tersebut, lensa buatan yang disebut dengan lensa intraocular akan dimasukkan untuk mengggantikan lensa aslinya. Operasi jenis ini butuh waktu sekitar satu jam dan tidak akan membuat penderitanya merasa nyeri.

Secara umum dokternya menggunakan suatu obat tetes mata untuk membuat mata menjadi baal dan agar selama operasi dilakukan, pasien tetap dalam kondisi sadar. Biasanya beberapa jenis obat tetes mata yang seringkali dianjurkan untuk dimanfaatkan meliputi :

Lanosterol

Lanosterol merupakan salah satu jenis obat mata yang dipercaya sangat ampuh sebagai obat katarak, utamanya dapat mengobati katarak ringan. Obat yang satu ini bekerja dengan cara meluruhkan gumpalan protein pada lensa mata.

Didalam sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa lanosterol menjadi salah satu obat katarak yang dapat membantu memperbaiki lensa mata setelah penggunaan teratur selama 6 minggu. Akan tetapi efektifitas dari lanosterol sebagai obat katarak masih belum terbukti secara klinis dan masih berada pada tahapan pengembangan lebih lanjut oleh peneliti. Jadi jika ingin menggunakannya, pastikan Anda berunding atau berkonsultasi dulu dengan dokter.

N-acetylcarnosine (NAC)

Obat katarak selanjutnya yang dapat digunakan dalam pengobatan katarak adalah N-acetylcarnosine (NAC). N-acetylcarnosine (NAC) juga diklaim dapat menyembuhkan katarak dan mencegahnya semakin parah. N-acetylcarnosine (NAC) hadir dalam bentuk tetes mata dan didalamnya terkandung protein L-carnosine sintetis yang bersifat antioksidan.

Cyclopentolate dan atropine

Obat tetes mata Cyclopentolate merupakan salah satu jenis obat tetes mata yang sering digunakan sebelum pasien melakukan pemeriksaan mata. Sementara atropine merupakan jenis obat tetes mata yang dapat digunakan sehari – hari.

Keduanya baik itu Cyclopentolate atau atropine sama – sama memiliki cara kerja yang sama. Cara kerja dari kedua obat ini yaitu membantu melebarkan pupil mata dan kemudian melemaskan otot – otot mata. Cyclopentolate dan atropine sangat bermanfaat dalam mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan pada mata setelah operasi mata katarak dilakukan.

Obat herba

Dalam beberapa studi ditunjukkan bahwa produk herbal tertentu kaya kandungan antioksidan didalamnya. Nah, produk herbal tersebut merupakan suatu jenis produk yang sangat bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit katarak berkembang lebih berat.

Beberapa jenis obat herbal yang sangat dianjurkan untuk dimanfaatkan dalam mencegah penyakit katarak agar tidak berkembang semakin berat diantaranya ekstrak billberry, ekstrak lemon, ekstrak lidah buaya, meniran hijau dan juga kunyit.

Hanya saja masalahnya, efektivitas obat – obatan di atas sebagai obat katarak secara klinis masih belum benar – benar dapat dibuktikan. Hal ini karena beberapa jenis obat di atas percobaan penggunaannya masih sebatas pada hewan, belum dicoba pada manusia efektivitasnya seperti apa. Apakah benar –benar menyembuhkan atau hanya sekedar meringankan saja.

Itulah beberapa cara mengobati katarak yang dapat dilakukan. Pastikan Anda menjaga kesehatan mata Anda agar tidak mengalami masalah katarak yang pengobatannya juga sulit dan butuh dana besar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *