Perbedaan Glaukoma dan Katarak

Glaukoma merupakan kondisi ketika saraf mata mengalami kerusakan, sementara katarak merupakan penyakit yang mengakibatkan lensa mata berwarna keruh dan berawan. Kedua kondisi sakit mata tersebut adalah dua kondisi yang berbeda.

Hanya saja memang tak banyak orang mampu membedakannya karena secara umum kesannya hampir sama. Karena itu, di sini kami akan bagikan ulasan selengkapnya untuk Anda tentang perbedaan glaukoma dan katarak. Apa saja sih perbedaan glaukoma dan katarak? Berikut informasi penting yang Anda harus simak!

Perbedaan Glaukoma dan Katarak

Gejala yang berbeda

Gejala penyakit katarak dengan gejala yang dirasakan oleh penderita kelainan glaukoma berbeda. Seseorang yang mengalami penyakit katarak memiliki gejala awal yang akan sangat mirip dengan gangguan lain.

Salah satu gejala dari katarak adalah rabun jauh. Selain itu, juga terdapat beberapa gejala pendukung yang ditimbulkan diantaranya :

  • Pupil mata berwarna putih
  • Pandangan mata menjadi kabur
  • Silau atau terdapat lingkaran cahaya di sekitar lampu utamanya di waktu malam hari
  • Kesulitan untuk melihat pada malam hari
  • Terjadinya penglihatan ganda ketika melihat suatu objek
  • Membutuhkan cahaya yang lebih terang untuk melakukan aktivitas bahkan di ruang yang sebenarnya ‘cukup terang’
  • Pandangan berkabut
  • Penglihatan memudar
  • Objek yang terlihat ganda
  • Ukuran lensa kaca mata sering berubah – ubah karena kekaburan bayangan dan objek ganda

Sementara pada orang yang menderita glaukoma, sebagian besar gejala yang dialami adalah gejala yang menimbulkan kerusakan semakin parah pada saraf mata. Jika gejala ini Anda alami salah satunya atau beberapa, maka wajib bagi Anda memeriksakan kondisi kesehatan saraf mata Anda ke dokter karena dikhawatirkan mengalami glaukoma.

Beberapa gejala yang menjadi tanda glaukoma diantaranya :

  • Penglihatan menjadi buram secara tiba – tiba
  • Nyeri mata yang sangat parah
  • Mata memerah
  • Terasa mual dan ingin muntah
  • Melihat cincin berwarna pelangi di sekitar area lampu

Penyebab katarak dan glaukoma berbeda

Selain gejala yang berbeda, penyebab glaukoma dan katarak juga mengalami perbedaan. Perbedaan glaukoma dan katarak diidentifikasi berdasarkan penyebabnya sebagai berikut :

  • Penyebab penyakit mata katarak : Katarak terjadi karena lensa mata yang mengalami kekakuan. Lensa mata yang kaku tersebut membentuk suatu gumpalan dimana lama kelamaan gumpalan tersebut mengaburkan lensa pada mata dan kemudian menutupi cahaya yang masuk. Penyakit ini dapat terjadi pada salah satu mata atau di kedua mata.
  • Penyebab gangguan mata glaukoma : Gangguan mata glaukoma disebabkan oleh tekanan intraocular yang mengalami peningkatan sampai merusak saraf optik pada mata. Tekanan intraocular tersebut mengalami peningkatan karena cairan di mata yang menumpuk ketika tidak dikeringkan. Pada akhirnya kemampuan penglihatan mata akan mengalami penurunan secara bertahap.

Pengobatan penyakit mata katarak dan glaukoma

Karena penyebabnya berbeda demikian dengan gejalanya, maka pengobatan pada katarak dan glaukoma juga jelas berbeda. Pada penderita katarak, pengobatan dapat dilakukan dengan jalan operasi.

Setelah operasi, selanjutnya dokter akan menyarankan mengganti lensa. Penggantian bagian lensa mata tersebut dilakukan pada bagian mata yang kabur diganti dengan lensa buatan yang sesuai. Karena itu sebelum operasi dilakukan, dokter akan memperkirakan lensa buatan seperti apa yang cocok dan sesuai dengan penderita agar nantinya mendapatkan hasil penglihatan yang maksimal pasca  operasi.

Sementara pada penderita glaukoma, pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan obat tetes mata dan pembedahan. Hal tersebut berguna untuk menghentikan penglihatan penderita yang semakin lama semakin menurun dan memburuk.

Namun jika kondisinya semakin parah dan obat tetes mata tidak mengatasi masalah penglihatan penderita glaukoma, dokter akan menyarankan terapi laser atau pembedahan operasi pada area mata yang mengalami gangguan glaukoma. Dokter juga akan memberikan suplemen untuk menjaga daya penglihatan penderita.

Itulah informasi penting untuk Anda tentang perbedaan glaukoma dan katarak yang perlu Anda tahu dan pahami. Semoga informasi yang kami bagikan di atas dapat menjadi informasi yang menarik, bermanfaat dan sekaligus menambah wawasan Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *