Tes Buta Warna Sebagai Syarat Dalam Melamar pekerjaan

Tes buta warna adalah salah satu bagian dari tes kesehatan yang akan dijalani oleh seseorang yang sedang melamar pekerjaan.

Seperti kita ketahui ada banyak tes yang harus dilewati sebelum ia diterima mengisi posisi yang ditawarkan. Mulai dari tes tertulis, tes wawancara dan tes kesehatan yang umumnya menjadi bagian paling akhir dari serangkaian tes saat melamar kerja.

Memiliki karyawan atau staff yang cakap, memiliki pengetahuan yang baik dibidangnya serta berbadan sehat, adalah hal yang sangat diinginkan oleh sebuah perusahaan. Tidak hanya berlaku untuk perusahaan, hal seperti itu juga menjadi syarat yang harus dipenuhi ketika kita melamar pekerjaan di instansi pemerintahan.

Sebagai bagian akhir dari tes saat melamar pekerjaan, tes kesehatan menjadi sangat krusial bagi para pelamar.

Karena disini sebenarnya posisi pelamar sudah hampir 90 % diterima di instansi  perusahaan yang bersangkutan. Jika ia lolos tes kesehatan termasuk tes buta warna didalamnya, maka pekerjaan itu akan menjadi miliknya. Jika gagal, maka ia harus memulai lagi dari nol di instansi / perusahaan lain.

Kegagalan seseorang dalam menjalani tes kesehatan ini seringkali bukan disebabkan oleh faktor penyakit “berat” atau kondisi fisik yang tidak menunjang.

Tetapi justru oleh faktor tes buta warna. Ini disebabkan banyak jenis pekerjaan yang mensyaratkan pelamarnya harus lolos tes tersebut sehubungan dengan pekerjan yang akan dilakukannya berhubungan dengan visi warna. Misalnya pekerjaan yang berhubungan dengan kimia, elektronika, kelistrikan, color mixing, dan lain-lain.

Karena faktor inilah, seringkali tes buta warna menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para penderita buta warna parsial. Hingga tidak jarang penderita menjadi pesimis saat akan melamar pekerjaan. Padahal sebenarnya ada begitu banyak jenis pekerjaan yang bisa dikerjakannya dengan baik. Tetapi karena terlanjur takut dengan bayangannya sendiri, sehingga ia menjadi “malas” untuk mencoba.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *